Iklan - Geser untuk melanjutkan
<
Politik

Partai Anak Presiden Joko Widodo Tak Dapat Kursi Empuk di DPRD Sulteng

Global Sulteng
×

Partai Anak Presiden Joko Widodo Tak Dapat Kursi Empuk di DPRD Sulteng

Sebarkan artikel ini
Partai Anak Presiden Joko Widodo Tak Dapat Kursi Empuk di DPRD Sulteng
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Tengah menggelar rapat pleno penetapan perolehan kursi Partai Politik (Parpol) dan Penetapan Calon Terpilih Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulteng periode 2024-2029. Foto: IST.

GLOBALSULTENG.COM, PALU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Tengah menggelar rapat pleno penetapan perolehan kursi Partai Politik (Parpol) dan Penetapan Calon Terpilih Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulteng periode 2024-2029.

Dari hasil rapat itu, KPU menetapkan 55 kursi telah diraih oleh sejumlah parpol diantaranya Golkar, NasDem, Demokrat, Gerindra dan PDIP.

Iklan - Geser untuk melanjutkan
Iklan - Geser untuk melanjutkan

Kemudian, PKS, PKB, PAN Perindo, Partai Hanura, PBB dan PPP.

Sementara, parpol yang tidak mendapatkan kursi di DPRD Sulteng tetapi menjadi peserta pemilu 2024 yakni Partai Buruh, Partai Gelora, Partai Ummat, PKN dan PSI yang diketuai anak Presiden yaitu Kaesang Pangarep.

Diberitakan sebelumnya, PKB berhasil memenangkan 5 kursi atau mengalami peningkatan 1 kursi dibanding Pemilu 2019 yang mendapatakan 4 kursi.

Partai Gerindra juga mengalami peningkatan dari 6 kursi di tahun 2019, meningkat menjadi 7 kursi pada Pemilu 2024.

Disisi lain, PDIP juga mendapatkan 7 kursi atau meningkat dibanding tahun sebelumnya yang hanya mendapatkan 6 kursi.

Baca juga: KPU Sulteng Tetapkan Perolehan Kursi Parpol Pemilu 2024, Terbanyak 3 Partai Ini

Partai Golkar juga mengalami peningkatan 1 kursi atau mendapatkan 8 kursi dibanding tahun sebelumnya yang mendapatkan 7 kursi.

Perolehan 8 kursi Golkar itu beriringan dengan Partai NasDem dan Demokrat yang sama-sama mendapatkan 8 kursi di DPRD Sulteng.

Saat Pemilu 2019, NasDem mendapatkan 7 kursi di DPRD Sulteng. Sedangkan Demokrat mencatatkan peningkatan yang signifikan, yakni dari 4 kursi menjadi 8 kursi.

Lebih lanjut, PKS juga mengalami kenaikan dari 4 kursi menjadi 5 kursi pada Pemilu 2024.

Sementara, PAN dan Perindo harus puas dengan mempertahankan 2 kursinya di DPRD Sulteng.

Hal serupa juga harus dirasakan PPP dengan mempertahankan 1 kursinya di DPRD Sulteng.

Selain itu, Partai Hanura turun 1 kursi dibanding tahun sebelumnya yang mendapatkan 2 kursi dan PBB 1 kursi berhasil diamankan.

Dari hasil itu, bisa dihitung bahwa total 55 kursi di DPRD Sulteng sudah terisi mulai dari incumbent maupun pendatang baru.

Baca juga: KPU Sulteng Gelar Rapat Pleno Penetapan Perolehan Kursi Parpol dan Calon Terpilih DPRD

Diketahui, penetapan perolehan kursi Parpol dan calon terpilih anggota DPRD Sulteng periode 2024-2029 dilaksanakan di Hotel Best Western, Jl Basuki Rahmat, Kelurahan Birobuli Utara, Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu, Kamis (2/5/2024).

Adapun penetapan perolehan kursi Parpol dan calon terpilih anggota DPRD Sulteng periode 2024-2029 dihadiri para komisioner KPU, para petinggi parpol dan stakeholder terkait.