Seputar Sulteng

Unit Siaga SAR Balut Berikan Pelatihan Kepada Nelayan

Global Sulteng
×

Unit Siaga SAR Balut Berikan Pelatihan Kepada Nelayan

Sebarkan artikel ini
Editor: Rian Afdhal
Sejumlah personel siaga SAR Banggai Laut (Balut) memberikan pelatihan peningkatan kapasitas nelayan perihal keselamatan di laut (safety at sea). Foto: IST.

GLOBALSULTENG.COM, BALUT – Sejumlah personel Unit Siaga SAR Banggai Laut (Balut) memberikan pelatihan peningkatan kapasitas nelayan Desa Kalumbatan perihal keselamatan di laut (safety at sea).

Hal ini dilakukan agar meningkatkan keterampilan bagi para nelayan apabila menghadapi kondisi yang tidak diinginkan dan mengurangi resiko terjadinya kecelakaan selama bekerja di laut.

Iklan - Geser untuk melanjutkan

Koordinator Unit Siaga SAR Balut Erdiansyah mengatakan, kegiatan ini sangat penting dilakukan bagi para nelayan.

Karena, adanya dasar keterampilan, para nelayan bisa mengaplikasikan baik untuk diri sendiri maupun orang terdekat.

Baca juga: Polisi Sudah Petakan TPS Kategori Rawan di Provinsi Sulteng, Begini Pola Pengamanannya

“Jadi masyarakat bisa melakukan penyelamatan secara mandiri, ini bisa dilakukan saat menghadapi kondisi-kondisi yang tidak diinginkan,” ucapnya, Kamis (1/2/2024).

Diketahui, kegiatan peningkatan kapasitas nelayan diselenggarakan Yayasan Alam Indonesia Lestari (LINI) bekerjasama dengan Pemerintah Desa Kalumbatan, kelompok Nelayan Desa Kalumbatan, Lobuton dan Popisi, Rabu 31 Januari 2024.

Baca juga: Gubernur Sulteng dan Bupati Banggai Kunjungi SKK Migas, Bahas Bagi Hasil 10 Persen Perusda Blok Dongi Sinoro

Kegiatan itu dilaksanakan di Balai Pertemuan Rakyat Desa Kalumbatan, Kabupaten Balut. Adapun materi yang diberikan yakni Subtansi Basarnas dan Medical First Responder (MFR)/Resusitasi Jantung Paru (RJP).