Iklan - Geser untuk melanjutkan
<
Nasional

Anwar Hafid Desak Menhub Budi Karya Segera Resmikan Pelabuhan Donggala

Global Sulteng
×

Anwar Hafid Desak Menhub Budi Karya Segera Resmikan Pelabuhan Donggala

Sebarkan artikel ini
Anwar Hafid Desak Menhub Budi Karya Segera Resmikan Pelabuhan Donggala
Anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat Anwar Hafid mendesak Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi untuk segera meresmikan Pelabuhan Donggala di Sulawesi Tengah. Foto: IST.

GLOBALSULTENG.COM – Anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat Anwar Hafid mendesak Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi untuk segera resmikan Pelabuhan Donggala di Sulawesi Tengah.

Permintaan ini disampaikan Anwar Hafid dalam Rapat Kerja Komisi V DPR RI dengan Menteri Perhubungan yang berlangsung di Jakarta pada Rabu (5/6/2024).

Iklan - Geser untuk melanjutkan
Iklan - Geser untuk melanjutkan

Menurutnya, permintaan itu didasari atas aspirasi masyarakat Kabupaten Donggala yang sangat menantikan pelabuhan tersebut beroperasi.

“Saya menyampaikan aspirasi masyarakat Kabupaten Donggala kepada Menteri terkait peresmian Pelabuhan Donggala yang kemarin tidak sempat diresmikan oleh Presiden,” ucapnya.

Baca juga: Pj Bupati Morowali Umumkan Kenaikan Insentif bagi Petugas Rumah Ibadah di Kecamatan Witaponda dan Bumi Raya

“Masyarakat sangat berharap agar pelabuhan tersebut segera difungsikan, karena ini sangat berdampak pada ekonomi masyarakat di Kabupaten Donggala,” tambahnya.

Kata Anwar Hafid, meskipun Presiden Joko Widodo telah meresmikan beberapa proyek di Sulteng termasuk Pelabuhan Pantoloan Kota Palu, masyarakat Donggala merasa pelabuhan di daerah mereka juga perlu segera diresmikan.

“Beberapa kali saya turun ke Kabupaten Donggala, mereka sangat berharap Menteri segera meresmikan pelabuhan tersebut,” ujar Anwar Hafid yang merupakan calon Gubernur Sulteng.

Anwar Hafid menjelaskan, pelabuhan Donggala dulunya pernah aktif sebelum aktivitas pelabuhan dipindahkan ke Kota Palu.

Baca juga: Dugaan Korupsi Perusda Morowali, Proyek Talud hingga Temuan BPK Sulteng Soal Mark Up Bill Hotel-Perjalanan Dinas

“Masyarakat sangat mengapresiasi pembangunan kembali pelabuhan di Kabupaten Donggala, peresmian pelabuhan ini sangat penting untuk menambah efek ekonomi berganda (multiplier effect) bagi masyarakat Kabupaten Donggala dan sekitarnya, kita sangat paham bahwa ini adalah kewenangan penuh Menteri Perhubungan,” tuturnya.

Dia berharap, Menteri Perhubungan segera resmikan Pelabuhan Donggala agar manfaat ekonominya dapat segera dirasakan oleh masyarakat setempat.