Iklan - Geser untuk melanjutkan
<
Seputar Sulteng

Kepala BPKAD Sulteng Hadiri Bimtek Pembinaan Karir Jabatan Fungsional PSM

Global Sulteng
×

Kepala BPKAD Sulteng Hadiri Bimtek Pembinaan Karir Jabatan Fungsional PSM

Sebarkan artikel ini
Kepala BPKAD Sulteng Hadiri Bimtek Pembinaan Karir Jabatan Fungsional PSM
Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) menghadiri kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) pembinaan karir jabatan fungsional PSM wilayah sulawesi, maluku dan papua. Foto: IST.

GLOBALSULTENG.COM, PALU – Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) menghadiri kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) pembinaan karir jabatan fungsional PSM wilayah sulawesi, maluku dan papua.

Kegiatan itu diinisiasi oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemendes dan Dinas PMD Sulteng.

Iklan - Geser untuk melanjutkan
Iklan - Geser untuk melanjutkan

Adapun kegiatan itu dilaksanakan di Aula BPKAD Sulteng Jl Samratulangi, Kelurahan Besusu Barat, Kecamatan Palu Timur, Rabu (29/5/2024).

Pelaksanaan bimtek pembinaan karir jabatan fungsional PSM wilayah sulawesi, maluku dan papua dibuka oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Rudy Dewanto.

Baca juga: Tersingkir dari Gerindra, Rusdy Mastura dan Hidayat Lamakarate Berpotensi Gagal Maju di Pilkada Sulteng 2024

Kata Rudy, pengelolaan jabatan fungsional merupakan salah satu upaya mewujudkan cita-cita Reformasi Birokrasi yakni, tata kerja yang lebih dinamis dan produktif.

Menurutnya, Pemerintah Daerah melalui Dinas PMD Sulteng telah aktif melakukan pembinaan JF PSM pada 12 Kabupaten dan Kota dengan jumlah sekitar 115 orang.

“Khusus untuk Sulteng JF PSM sebanyak 12 orang yakni, terdapat 9 orang JF PSM pada Dinas PMD, 3 orang Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi,” ucapnya.

Peran JF PSM sangat diperlukan dalam pembangunan guna menghadapi tantangan pemberdayaan masyarakat desa.

Adapun peran itu diantaranya membangun sinergitas perencanaan pembangunan sampai tingkat desa dan mendampingi penyusunan APBD Desa.

Kemudian, pelaksanaan Musrenbang dan peningkatan status 151 Desa tertinggal yang menjadi sasaran pada tahun 2024.

Baca juga: Wakil Gubernur Sulteng Sebut Penduduk Miskin-Kasus Stunting Tertinggi di Kabupaten Sigi

“Saya berharap agar kesempatan ini dapat menjadi sarana untuk memperkuat peran serta jabatan fungsional PSM, sehingga peran JF PSM mampu memberikan kontribusi nyata serta menggunakan keahliannya untuk mendampingi masyarakat,” ujarnya.

Selain Kepala BPKAD Sulteng, kegiatan itu dihadiri juga oleh Kepala BPSDM-PMDDTT, Kepala PPJF Kemendes, Sekdis PMD Sulteng, Kepala BKD/BKPSDM Sulawesi, Maluku dan Papua serta pejabat terkait lainya.