Seputar Sulteng

Kepala BPKAD Sulteng Hadiri Upacara Hardiknas 2024, Usung Tema Lanjutkan Merdeka Belajar

Global Sulteng
×

Kepala BPKAD Sulteng Hadiri Upacara Hardiknas 2024, Usung Tema Lanjutkan Merdeka Belajar

Sebarkan artikel ini
Editor: Rian Afdhal
Kepala BPKAD Sulteng Hadiri Upacara Hardiknas 2024, Usung Tema Lanjutkan Merdeka Belajar
Kepala BPKAD Sulteng Bahran menghadiri upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Lingkungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah. Foto: IST.

GLOBALSULTENG.COM, PALU – Kepala BPKAD Sulteng Bahran menghadiri upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Lingkungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah.

Upacara Hardiknas itu dilaksanakan di halaman Pogombo Kantor Gubernur Sulteng Kamis, (2/5/2024).

Iklan - Geser untuk melanjutkan

Adapun upacara peringatan Hardiknas Tahun 2024 mengangkat tema Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar yang dipimpin Wagub Mamun Amir.

Upacara Hardiknas ini diawali dengan penampilan Marching Band, paduan suara SMK/SMA se-Kota Palu.

“Dalam 5 tahun terkahir adalah waktu yang sangat mengesankan dalam perjalanan Kemendikbudristek RI memimpin gerakan Merdeka Belajar untuk mewujudkan pendidikan Indonesia,” ucap Mamun saat membacakan sambutan Menteri Pendidikan RI Nadiem Makarim.

Baca juga: Anwar Hafid-Reny Lamadjido Terima Rekomendasi Demokrat Ikut di Pilgub 2024, Siap Deklarasi Jika Hal Ini Terjadi

“Bukan hal yang mudah untuk mentransformasi sebuah sistem yang sangat besar, bukan tugas sederhana untuk mengubah perpektif tindak tentang proses pembelajaran,” tambahnya.

Menurut Mamun, tantangan pandemi dan dampak yang ditimbulkan mengubah proses pembelajaran, mengajar dan cara hidup secara drastis.

Katanya, pandemi memberi kesempatan untuk mengakselerasi perubahan dengan bergotong royong, berjuang untuk pulih dan bangkit kembali menjadi jauh lebih kuat.

Selain itu, wajah baru pendidikan dan kebudayaan Indonesia sedang di bangun bersama dengan Merdeka Belajar.

Hal itu dilihat pada anak-anak Indonesia yang berani bermimpi karena mereka merasa merdeka saat belajar di kelas.

“Saya ucapkan terima kasih atas perjuangan yang telah lakukan, dengan penuh harapan saya titipkan Merdeka Belajar kepada anda semua para penggerak perubahan yang tidak mengenal kata menyerah untuk membawa Indonesia melompat ke masa depan, selamat hari pendidikan nasional, mari kita terus bergotong royong menyemarakkan gerakan Merdeka Belajar,” ujarnya.

Selanjutnya, Mamun Amir menyerahkan sertifikat piagam penghargaan kepada SMA Negeri 2 Sigi, Lembaga Ketahanan Republik Indonesia, 3 Kepala SMA Penggerak Indonesia Maju, 2 Guru SMA Penggerak Indonesia Maju.

Baca juga: Kepala BPKAD Sulteng Hadiri Pelantikan Pejabat Administrator dan Pengawas, Total 389 Orang

Diketahui, hadir dalam upacara Hardiknas itu Sekda Novalina, Wakil Ketua TP-PKK Sulteng Halimah Amir, unsur Forkopimda Sulteng, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD Lingkup Pemprov Sulteng, Widyaiswara Utama, Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas, Guru, Pelajar dan stakeholder terkait lainya.