Seputar Sulteng

Pesan Wagub Mamun Amir Saat Hadiri Pelantikan Pengurus HMI Cabang Palu

Global Sulteng
×

Pesan Wagub Mamun Amir Saat Hadiri Pelantikan Pengurus HMI Cabang Palu

Sebarkan artikel ini
Editor: Rian Afdhal
Pesan Wagub Mamun Amir Saat Hadiri Pelantikan Pengurus HMI Cabang Palu
Wakil Gubernur (Wagub) Sulteng Mamun Amir menghadiri pelantikan pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Palu dan Kohati HMI Cabang Palu periode 2024-2025. Foto: IST.

GLOBALSULTENG.COM, PALU – Wakil Gubernur (Wagub) Sulteng Mamun Amir menghadiri pelantikan pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Palu dan Kohati HMI Cabang Palu periode 2024-2025.

Kegiatan itu dilaksanakan di Ruang Pogombo Kantor Gubernur Sulteng, pada Sabtu (11/5/2024) malam.

Iklan - Geser untuk melanjutkan

Pada kesempatan itu, Wagub Mamun Amir mengucapkan selamat kepada para pengurus yang telah dilantik.

“Selamat kepada pengurus yang telah dilantik dan saya berpesan amanah ini ditunaikan dengan ikhlas dan penuh rasa tanggung jawab guna membawa organisasi ke arah yang lebih baik, berguna bagi umat dan bangsa khususnya di Sulteng,” ucapnya.

Baca juga: Cara Mendaftar CPNS 2024 dan Formasi yang Dibuka

Selain itu, Wagub Mamun Amir juga memaparkan sederet prestasi Pemerintah Provinsi Sulteng dan diakui di tingkat pusat diantaranya laju pertumbuhan ekonomi Sulteng pada tahun 2023 sebesar 11,91 persen berada diatas rata-rata nasional yaitu 5,05 persen dan menurunkan angka kemiskinan ekstrim dari 3,02 persen (2022) menjadi 1,44 persen pada tahun 2023.

Kemudian, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) turun dari 3,75 persen (2021) menjadi 2,95 persen (2023), indeks gini Sulteng mengalami penurunan dari 0,316 poin pada Maret 2021 menjadi 0,308 poin pada Maret tahun 2022. Maret 2023 menurun menjadi 0,304 poin.

Hal ini mengindikasikan bahwa ketimpangan pendapatan masyarakat semakin mengecil atau distribusi pendapatan masyarakat semakin membaik.

Disisi lain, Stunting di Sulteng mengalami penurunan yakni dari 29,7 persen pada tahun 2021 menurun menjadi 28,2 persen pada tahun 2022 kemudian pada tahun 2023 menurun menjadi  27,2 persen, wilayah Sulteng pada tahun 2023 telah keluar dari wilayah yang memiliki Kabupaten sangat tertinggal, dan saat ini status Desa sangat tertinggal telah berhasil di entaskan.

Capaian SAKIP Provinsi Sulteng dari tahun 2016-2021 atau 6 tahun berturt-turut mendapatkan Predikat B, namun di tahun 2022 dan 2023 naik peringkat menjadi SAKIP BB.

Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari tahun sebelumnya sejumlah Rp 900 milyar rupiah meningkat menjadi Rp 2,059 triliun (2024), pada tahun 2023 realisasi investasi juga mengalami peningkatan yang sangat signifikan yaitu sebesar 111,98 triliun, melebihi target yang diberikan oleh pemerintah pusat sebesar 111, 68 triliun.

Sehingga, Sulteng berada diperingkat 4 Nasional setelah Jawa Barat, DKI Jakarta dan Jawa Timur.

“Trend positif tersebut di atas bisa diraih berkat kerjasama dan dukungan semua stakeholder, termasuk HMI dan Kohati HMI,” ujarnya.

Wagub Mamun Amir berharap agar pengurus yang baru dilantik untuk beradaptasi terhadap perkembangan zaman, sigap mengambil keputusan dan cerdas dalam bertindak.

Dia juga mengajak untuk terus bersinergi dan berkolaborasi dalam berbagai agenda pemerintahan dan pembangunan daerah.

“Termasuk berikhtiar menuju Sulawesi Tengah lebih Sejahtera dan Maju sesuai dengan jargon HMI yakni, YAKUSA (Yakin Usaha Sampai),” tuturnya.

Diketahui, Kepengurusan HMI Cabang Palu diketuai Ari Usama sementara Kohati HMI Cabang Palu diketuai Sri Nirmalasari. Pelantikan tersebut dilakukan oleh Sekjen PB HMI Muhammad Jusrianto.

Baca juga: Kepungan Debu di Area Tambang Palu dan Donggala Berpotensi Timbulkan Penyakit ISPA, Walhi-Jatam Minta Pemprov Sulteng Evaluasi Aktivitas

Turut hadir, Staf Ahli Gubernur Bidang Perekonomian dan Pembangunan Farid Rifai Yotolembah, Karo Umum Suandi, Unsur Forkopimda, Demisioner HMI Cabang Palu, Kohati Cabang Palu, MD Kahmi Kota Palu dan Sulawesi Tengah, Ketua Badko HMI Sulawesi Tengah serta para alumni dan kader HMI.