Iklan - Geser untuk melanjutkan
Politik

Asuransi Pertanian Program Prioritas Ahmad Ali di Pilkada 2024, Singgung Kartu Sulteng Sejahtera Rusdy-Mamun Tahun 2020

Global Sulteng
×

Asuransi Pertanian Program Prioritas Ahmad Ali di Pilkada 2024, Singgung Kartu Sulteng Sejahtera Rusdy-Mamun Tahun 2020

Sebarkan artikel ini
Asuransi Pertanian Program Prioritas Ahmad Ali di Pilkada 2024, Singgung Kartu Sulteng Sejahtera Rusdy-Mamun Tahun 2020
Bakal calon Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Ahmad Ali berjanji akan memberikan asuransi pertanian jika terpilih di Pilkada 2024. Foto: IST.

GLOBALSULTENG.COM, PARIMO – Bakal calon Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Ahmad Ali berjanji akan memberikan asuransi pertanian jika terpilih di Pilkada 2024.

Hal itu disampaikan saat pertemuan bersama ratusan warga di Kecamatan Moutong, Kabupaten Parimo, Jumat (5/7/2024).

Iklan - Geser untuk melanjutkan
Iklan - Geser untuk melanjutkan

Kata Ahmad Ali, pemberian asuransi menjadi program prioritas untuk memberikan perlindungan kepada para petani dari risiko gagal panen akibat perubahan iklim dan hama.

Menurutnya, pertanian merupakan sektor yang selalu berhadapan dengan ketidakpastian, sehingga diperlukan jaminan asuransi untuk setiap jengkal lahan pertanian masyarakat.

Baca juga: Ahmad Ali Blak-Blakan soal Partai Pendukung di Pilkada Sulteng 2024

“Penduduk Parimo mayoritas adalah petani, saya ingin mereka tersenyum karena tidak lagi dibayangi persoalan hama, gagal panen dan sebagainya, karena negara hadir untuk memberikan asuransi terhadap setiap jengkal lahan pertanian masyarakat,” ucapnya.

Lebih lanjut, program asuransi memberikan kebebasan bagi para petani untuk berdikari dan lepas dari ketergantungan tengkulak (pedagang perantara).

Pasalnya, tengkulak sering dianggap sebagai ‘pemeras’ karena dapat memainkan harga seenaknya. Sementara, para petani tidak memiliki kekuatan untuk menawar atau mematok harga.

“Saya tidak menebar janji yang muluk-muluk, tidak menjanjikan bantuan Rp 1 juta untuk setiap kepala keluarga lewat kartu-kartu, saya berjanji dan memastikan setiap jengkal lahan pertanian masyarakat mendapat asuransi, tidak ada lagi kekhawatiran jika gagal panen,” ujarnya.

Dia berharap, adanya program asuransi dapat meningkatkan kesejahteraan petani di Sulteng dan memastikan sektor pertanian menjadi lebih stabil dan berkelanjutan.

“Tidak ada lagi ketakutan petani terhadap para tengkulak, pupuk, bibit, saya berkeinginan agar semua lahan pertanian diasuransikan, petani tidak lagi dipandang sebelah mata, petani punya kontribusi besar terhadap kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.

Diketahui, program bantuan Rp 1 juta melalui kartu yakni Kartu Sulteng Sejahtera pernah diprogramkan Rusdy Mastura dan Mamun Amir di Pilkada 2020.

Namun, banyak masyarakat yang mengeluh terkait ketidakpastian bantuan yang diberikan dalam kartu tersebut.

Baca juga: Ahmad Ali Programkan Jumat Mendengar-Makan Gratis Jika Terpilih di Pilkada Sulteng 2024

Bahkan, GlobalSulteng telah melakukan survei di salah satu desa di Kecamatan Palasa terkait dengan kartu tersebut.

Alhasil, sejumlah masyarakat di desa itu membeberkan bahwa belum mendapatkan bantuan dari kartu tersebut.